Friday, June 27, 2008

Baju dan Identitas Mahasiswa

0

KEHIDUPAN mahasiswa umumnya membentuk kelompok-kelompok tersendiri. Bisa kelompok gaul, diskusi, organisasi, maupun pergerakan. Tak ayal, kampus adalah wadah masyarakat yang plural (majemuk).

Kelompok-kelompok yang bervariasi ini akan menunjukkan identitas masing-masing. Salah satunya adalah menggunakan kaos atau jaket untuk menunjukkan bahwa: “Inilah kami”.

Baju adalah simbol seseorang untuk mencitrakan pribadinya atau kelompoknya. Secara pribadi, identitas seseorang dapat dilihat lebih bagaimana fashion mode seseorang. Sedangkan secara kelompok, identitas dipamerkan melalui tulisan yang tertera di baju atau di jaket dan sejenisnya.
Selain identitas, baju juga sebagai simbol ideologi kelompok. Dengan ejaan-ejaan yang tertera di punggung-punggung baju, cita-cita ideal atas sebuah perkumpulan dapat dibaca.


Pencitraan masing-masing kelompok pun berbeda-beda, ada yang menunjukkan nama kelompok, ada juga yang cukup memperlihatkan jargon, juga keduanya.


Kaos adalah media yang paling luwes dan progressive untuk mengungkapkan ide, jargon, dan persuasi. Dengan kaos, mahasiswa mudah membeberkan diri dan komunitasnya. Desain dan sablon kaos secara massal sangat mempertimbangkan unsur identitas, slogan, dan ide.

Islamic Communication, Theology Faculty, Education Faculty, misalnya, adalah corak baju yang memajang identitas nama kelompok. Fight for Freedom, Melintas Batas Melanggar Etika, Perubahan belum Usai, Jurnalisme Peka Perubahan, adalah contoh jargon-jargon yang diusung kelompok dalam baju (jaket atau kaos oblong).


Dalam psikologi komunikasi, menunjukkan identitas di ruang publik adalah penting, karena ini menyangkut nama eksistensi kelompok. Tetapi, dikhawatirkan jika berlebihan hal ini bisa menjadi fanatisme antargolongan.


Pencitraan identitas melalui baju ini secara tidak langsung menjalankan komersialisasi ideologi. Lebih tepatnya, baju-baju identitas seperti itu pada akhirnya akan menjadi konsumsi publik. Celakanya, orang hanya memakai simbol identitas tetapi tidak mencerminkan isinya. Karena secara bias produk-produk simbol identitas itu bisa didapatkan di pasar industri.
Author Image

About ngobrolndobol
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

No comments:

Post a Comment